Perkuat Soft Skill Melalui Penerjemahan, Mahasiswa Prodi TBI Ikuti Seminar Daring “Translation Skill" - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

Perkuat Soft Skill Melalui Penerjemahan, Mahasiswa Prodi TBI Ikuti Seminar Daring “Translation Skill"

Share This

 


Palangka Raya, 25 November 2023 - Mahasiswa Program Studi (Prodi) TBI FTIK IAIN Palangka Raya baru-baru ini berpartisipasi secara aktif dalam Seminar Daring bertema "Bridging English Education Curriculum and Industry Need” yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perkumpulan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) bekerja sama dengan Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI). Seminar ini berlangsung melalui platform zoom meeting pada hari Sabtu, tanggal 25 November 2023. Menjadi pembicara pada seminar ini adalah Prof. Dr. Imroatus Solikhah, M.Pd, dosen bahasa Inggris pada UIN Raden Mas Said Surakarta dan Yusuf Al Arief, S.Pd M.Hum, dosen bahasa Inggris dari Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, yang juga  merupakan salah satu pakar penerjemahan bersertifikasi HPI dan Wakil Ketua HPI Komda Kalimantan Selatan.

Dalam seminar yang diikuti oleh mahasiswa, guru dan dosen dari berbagai perguruan tinggi, pembahasan utama difokuskan pada penguatan soft skill melalui keahlian penerjemahan. Prodi TBI FTIK IAIN Palangka Raya aktif berpartisipasi dalam diskusi dan workshop yang menitikberatkan pada bagaimana mempertemukan kurikulum pendidikan bahasa Inggris dengan kebutuhan industri.

Menariknya, seminar ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman mendalam mengenai tantangan dan tren dalam industri penerjemahan bahasa Inggris.  Dengan adanya kegiatan kolaborasi antara APSPBI dan HPI ini, para peserta dapat memperluas wawasan mereka dan meningkatkan keterampilan penerjemahan mereka untuk dapat bersaing di pasar kerja yang semakin global. Narasumber memberikan wawasan berharga kepada peserta, membahas berbagai strategi untuk meningkatkan soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga memberikan kesempatan praktis bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan mereka melalui berbagai kegiatan interaktif dan studi kasus.


"Seminar ini benar-benar memberikan gambaran holistik tentang bagaimana penerjemahan dapat menjadi jembatan antara kurikulum pendidikan dan kebutuhan industri. Melalui kegiatan ini, kami sebagai mahasiswa dapat lebih siap dan relevan dengan tuntutan dunia kerja yang semakin dinamis," ujar Siti Nur Anisah, salah satu peserta dari mahasiswa Prodi TBI angkatan 2021.

Seminar Daring Translation Skill ini tidak hanya menjadi momentum suasana akademik diluar perkuliahan bagi mahasiswa TBI FTIK IAIN Palangka Raya, tetapi juga menciptakan ruang dialog yang bernilai antara akademisi dan praktisi industri penerjemahan. Melalui kolaborasi semacam ini, diharapkan para mahasiswa dapat mengasah soft skill melalui penerjemahan sehingga lebih siap menghadapi tantangan di masa depan serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga penerjemah professional dan meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja baik skala nasional maupun internasional.

No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages