Sunday, August 23, 2015

Visi dan Misi Prodi TBI IAIN Palangka Raya

Visi dan misi Program Studi Tadris Bahasa Inggris (Prodi TBI) IAIN Palangka Raya ditetapkan dengan mengacu pada visi dan misi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dan IAIN Palangka Raya yang secara resmi ditetapkan pada tahun 2015. Perumusan visi dan misi Prodi TBI berdasarkan pada Statuta IAIN Palangka Raya, Renstra IAIN Palangka Raya 2015–2030, dan Renstra FTIK 2015-2023. Visi dan misi ini tercantum dalam berbagai dokumen seperti Buku Pedoman Akademik IAIN Palangka Raya, Dokumen Kurikulum Prodi TBI 2015, dan Buku Monitoring Perkuliahan Mahasiswa, serta berbagai media lainnya seperti website Prodi TBI dengan alamat URL http://english.ftik.iain-palangkaraya.ac.id. Keselarasan visi dan misi Prodi TBI dengan visi dan misi fakultas dan institut bisa dilihat dari cita-cita IAIN Palangka Raya dan karakter lulusan serta jangkauan waktunya. Visi dan misi Prodi TBI IAIN Palangka Raya juga didasarkan pada ketentuan-ketentuan normatif seperti Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, serta Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Dalam perumusan visi dan misi Prodi TBI IAIN Palangka Raya, telah dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak yaitu pengelola, dosen, mahasiswa, alumni dan pemangku kepentingan (stakeholders). Rumusan visi misi ini selanjutnya dijabarkan dalam tujuan dan sasaran Prodi TBI. Permusan visi dan misi Prodi TBI dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut;

Pertama, di dalam rapat rutin program studi TBI dibentuklah tim perumus visi dan misi Prodi. 

Kedua, tim perumus mempelajari berbagai dokumen yang terkait dengan visi dan misi, antara lain statuta institut, serta visi, misi, dan tujuan fakultas dan institut. Selain itu, tim perumus juga mengkaji kebutuhan stakeholders dan kemudian meminta masukan pihak stakeholders yaitu para alumni, pengguna lulusan, mitra kerja program studi, mahasiswa, dan asosiasi program studi/jurusan.  

Ketiga, untuk mengetahui dan mempelajari tuntutan pasar global yang terkait dengan kompetensi lulusan yang bisa bersaing dalam dunia kerja nasional dan internasional, tim perumus bersama ketua prodi/jurusan melakukan diskusi internal dan eksternal melalui konsorsium/asosiasi Prodi/Jurusan Bahasa Inggris di Indonesia. Berbagai kesempatan yang diikuti seperti Asosiasi ELITE telah dimanfaatkan untuk berdialog dan mengkaji visi dan misi Prodi TBI.  

Keempat, berdasarkan hasil berbagai kajian tersebut, dirumuskanlah visi dan misi Prodi TBI IAIN Palangka Raya. 

Kelima, draf rumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi selanjutnya dipresentasikan dalam rapat tingkat prodi/jurusan untuk mendapat masukan. Rapat tersebut dihadiri oleh para dosen, tenaga kependidikan, dan perwakilan mahasiswa. Tahapan berikutnya adalah draft yang sudah direvisi tersebut dipresentasikan di tingkat fakultas dan institut untuk mendapat masukan dari pimpinan.  

Keenam, tim perumus melakukan perbaikan perumusan visi misi berdasarkan masukan-masukan yang diperoleh.

Visi     
Menjadi program studi yang terkemuka dan unggul dalam mencetak sarjana pendidikan bahasa Inggris yang professional dan berkarakter Islami pada tahun 2023.

Misi    
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang pendidikan bahasa Inggris yang berkualitas berlandaskan nilai-nilai Islam.
  2. Melaksanakan penelitian kompetitif yang inovatif untuk pengembangan pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris. 
  4. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan instansi, alumni, dan stakeholders guna mengembangkan kualitas program studi dan lulusan.

Tujuan
  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang profesional, berkualitas, dan berkarakter Islami yang mampubersaingdalam level regional, nasional, dan internasional.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang mampu melakukan penelitian kompetitif dan inovatif di bidangnya.
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang mampu menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional.
  4. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang mampu mengembangkan perangkat pembelajaran bahasa inggris inovatif berbasis penelitian. 
  5. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang mampu memberdayakan masyarakat sesuai dengan bidangnya. 
  6. Menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan untuk pengembangan program studi dan lulusan.

0 comments:

Post a Comment