Mahasiswa TBI Tunjukkan Eksistensi di Konferensi Internasional, Tingkatkan Nilai Personal Branding - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

Mahasiswa TBI Tunjukkan Eksistensi di Konferensi Internasional, Tingkatkan Nilai Personal Branding

Share This
Palangka Raya 2 Desember 2023 - Departemen Pendidikan Bahasa Inggris Institut Pertanian Bogor (IPB) Cirebon bekerja sama dengan Corrola Education Centre dan Indonesian Education Share-to-Care Volunteers menggelar seminar internasional bertajuk "The 1st International Conference on Language, Education, and Technology". Seminar ini berlangsung secara daring pada hari Sabtu, 2 Desember 2023. Seminar ini mengangkat tema "Digital Fluency in Language Education: Navigating the Tech-Savvy Classroom". Tema ini dipilih untuk membahas pentingnya literasi digital dalam pembelajaran bahasa, khususnya di era digital saat ini.Seminar ini menghadirkan pembicara dari berbagai negara, yaitu Prof. Dr. Sulistyowati, M.Pd., dari IPB University, Dr. Supardi, M.Pd., dari Universitas Pendidikan Indonesia, Dr. Siti Fatimah, M.Pd., dari Universitas Negeri Jakarta, Dr. Nafeesa Ahmed, dari Mahidol University, Thailand, Dr. Nurul Huda, M.Pd., dari IAIN Curup, Bengkulu, Dr. Nurul Fajri, M.Pd., dari Universitas Al Asyariah Mandar, Sulawesi Barat, Dr. Maria do Carmo Ferreira, dari University of Lisbon, Portugal.
Para pembicara tersebut membahas berbagai aspek terkait literasi digital dalam pembelajaran bahasa, seperti tantangan dan peluang literasi digital dalam pembelajaran Bahasa, implementasi literasi digital dalam pembelajaran Bahasa, serta pengembangan kurikulum bahasa yang berorientasi literasi digital Seminar ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri. Peserta seminar tersebut terdiri dari dosen, mahasiswa, dan praktisi pendidikan Bahasa sebagai presenter. Salah satu perguruan tinggi yang turut berpartisipasi adalah Prodi TBI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Dalam seminar tersebut Prodi TBI mengirimkan 6 presenter mahasiswa, yaitu Adinda Aulia Rahmah, Meisya Rawenda, Krisna Dwi Alifhia Rizki, M. Hidayatur Rahman, Siti Rahmawati, Rizki Hasanah yang didampingi oleh Hesty Widiastuty, M.Pd selaku dosen pendamping.
Kehadiran mahasiswa dan dosen prodi TBI IAIN Palangka Raya dalam seminar internasional ini menunjukkan bahwa prodi terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bahasanya. Hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan internasional, seperti seminar internasional. Ketua Program Studi TBI IAIN Palangka Raya, Hesty Widiastuty, M.Pd., mengatakan bahwa partisipasi mahasiswa dan dosen Prodi TBI IAIN Palangka Raya dalam seminar internasional ini merupakan kesempatan yang baik untuk meningkatkan kompetensi. "Melalui seminar internasional ini, mahasiswa dan dosen Prodi TBI IAIN Palangka Raya dapat belajar dari para akademisi dan praktisi pendidikan bahasa dari berbagai negara," kata Hesty. Ia berharap, partisipasi mahasiswa dan dosen Prodi TBI IAIN Palangka Raya dalam seminar internasional ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan bahasa di Indonesia sebab seminar ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi peserta terkait literasi digital dalam pembelajaran bahasa.

No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages