Penguatan Kosakata Bahasa Inggris Bermuatan Keislaman Melalui lirik Lagu Religi Berbahasa Inggris oleh Dosen dan Mahasiswa TBI IAIN Palangka Raya di MA Hidayatul Insan Palangka Raya - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

Penguatan Kosakata Bahasa Inggris Bermuatan Keislaman Melalui lirik Lagu Religi Berbahasa Inggris oleh Dosen dan Mahasiswa TBI IAIN Palangka Raya di MA Hidayatul Insan Palangka Raya

Share This
Kegiatan Pengabdian Masyarakat Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa TBI IAIN Palangka Raya

Palangka Raya, 18 November 2023 - Dalam rangka mendukung pengenalan bahasa Inggris, penguatan vocabulary dan nilai-nilai keislaman sejak usia dini, Tim Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Tadris Berbasis Integratif (TBI) IAIN Palangka Raya melaksanakan proyek kolaboratif dengan MA Hidayatul Insan Palangka Raya. Kegiatan ini, yang berfokus pada siswa kelas 12, dilaksanakan di jalan Sulawesi, kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, di bawah supervisi kepala madrasah, Hj. SALASIAH, M.Pd.

Pendampingan proyek ini melibatkan dua dosen di bidang masing-masing, yaitu Zaitun Qamariah, M.Pd (Dosen Mata Kuliah Islamic Studies) dan Hesty Widiastuty, M.Pd (Dosen Mata Kuliah Academic Speaking). Bersama dengan tim pelaksana yang terdiri dari mahasiswa TBI semester 5, yaitu Ayu Sundari, Rizki Hasanah, dan Fatma, mereka menyelenggarakan kegiatan dengan tema " Penguatan Kosakata Bahasa Inggris Bermuatan Keislaman Melalui lirik Lagu Reliji Berbahasa Inggris". Dalam kegiatan ini, lebih dari 17 siswa kelas 12 MA Hidayatul Insan terlibat aktif dalam pembelajaran yang menyenangkan. Tim mahasiswa TBI merancang kegiatan menggunakan lagu religi sebagai media untuk memperkenalkan kosakata dasar Bahasa Inggris dan nilai-nilai keislaman. Melalui pendekatan kreatif ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah menyerap  pembelajaran bahasa dengan nilai-nilai keagamaan.

Kebersamaan Anak-Anak kelas 12 MA Hidayatul Insan dan Mahasiswa TBI 


Wakil Kepala Madrasah, Herliawati Jaleha S.Pd.I menyampaikan apresiasi atas upaya tim pengabdian masyarakat dalam menggabungkan pembelajaran bahasa Inggris dengan nilai-nilai keislaman. "Integrasi Bahasa Inggris dan nuasa Islam pada pembelajaran bisa menjadi hal yang menarik," ujarnya. Dosen pendamping, Zaitun Qamariah, M.Pd, menekankan, "Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam membentuk pemahaman bahasa Inggris dan keislaman yang baik , serta membantu siswa membangun motivasi  belajar." Melalui kolaborasi yang erat antara dosen, mahasiswa, dan pihak sekolah, diharapkan kegiatan ini tidak hanya memberikan dampak positif pada keterampilan berbahasa siswa, tetapi juga meningkatkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai keislaman yang menjadi identitas MA Hidayatul Insan.


No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages