Palangka Raya, 10 November 2023 - Dalam upaya
meningkatkan keterampilan berbicara (speaking skill) dan nilai-nilai akhlak
Islami pada anak-anak SD, Tim Pengabdian Masyarakat dari Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris Tadris Berbasis Integratif (TBI) IAIN Palangka Raya,
melaksanakan kegiatan kolaboratif di SD Yayasan Budi Mulya, Palangka Raya.
Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pimpinan Yayasan, H.Mas Mansur,
S.H.I., M.M.
Dua dosen pendamping, Zaitun Qamariah, M.Pd dan Jhon Sarip, M.Pd, bersama dengan mahasiswa Tiara Nur Fatimah Almadani, Siti Nurrahmah, dan Ayu Putriana Lestari, menjalankan proyek pengabdian masyarakat dengan tema "Penguatan Speaking Skill dan Akhlak Islami Melalui Storytelling". Kegiatan ini dilaksanakan di SD Yayasan Budi Mulya, yang beralamat di jalan RTA Milono Km 2,5, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya. Tim pengabdian masyarakat ini melibatkan 14 siswa dari kelas 2A yang terpilih dengan antusias mengikuti berbagai kegiatan interaktif dan kreatif yang disiapkan oleh tim. Kegiatan tersebut mencakup sesi storytelling, permainan bahasa Inggris, serta diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan memahami nilai-nilai akhlak Islami.
Dosen pendamping, Zaitun Qamariah, M.Pd,
menyatakan, "Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa dapat lebih percaya
diri dalam berbicara dalam bahasa Inggris dan memahami serta menerapkan
nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari."
Selain itu, Jhon Sarip, M.Pd, menambahkan,
"Kami sangat mengapresiasi partisipasi aktif siswa dan kerjasama yang baik
antara dosen, mahasiswa, dan pihak sekolah. Semua pihak bekerja keras untuk
mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah
ini."
Kegiatan ini menjadi langkah nyata dari komitmen TBI IAIN Palangka Raya dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan. Harapannya, melalui penguatan speaking skill dan penerapan nilai-nilai akhlak Islami, generasi muda dapat menjadi pribadi yang kompeten dan berakhlak mulia.
No comments:
Post a Comment