Mahasiswa Prodi TBI di Amerika Serikat Buka Gerbang Budaya Nusantara Melalui Kelas Bahasa Indonesia - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

Mahasiswa Prodi TBI di Amerika Serikat Buka Gerbang Budaya Nusantara Melalui Kelas Bahasa Indonesia

Share This
Palangka Raya, 2 Desember 2023 – Prodi TBI melalui dosennya, Hesty Widiastuty, M.Pd dan salah satu mahasiswanya, Josilia Puspito Rahayu yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Buffalo State University, Amerika Serikat menggelar kelas bahasa Indonesia untuk mahasiswa internasional secara hybrid. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Nusantara kepada masyarakat internasional dan meningkatkan minat mereka untuk mempelajari bahasa Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, kelas ini dibuka untuk umum dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai latar belakang dan negara. "Kami ingin mengenalkan Bahasa Indonesia sebagai jendela untuk memahami kebudayaan yang kaya dan unik dari Nusantara. Ini adalah soft power diplomacy yang bisa kami lakukan sebagai duta bangsa di luar negeri," tutur Josilia.
Materi yang diajarkan dalam kelas ini meliputi dasar-dasar bahasa Indonesia, seperti tata bahasa, kosakata, dan percakapan. Selain itu, kelas ini juga membahas tentang nilai-nilai, tradisi, dan kekayaan budaya Indonesia, seperti adat istiadat, seni, dan kuliner dengan memadukan metode pengajaran yang inovatif dengan kegiatan praktis yang melibatkan mahasiswa non-Indonesia. Kegiatan pengabdian ini mendapat sambutan positif dari peserta. Mereka mengaku senang bisa belajar bahasa Indonesia dan mengenal budaya Indonesia. Mereka bahkan tertarik untuk mengenal tarian tradisional dan mencicipi masakan Nusantara. "Saya senang bisa belajar bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia itu bahasa yang indah dan mudah dipelajari," ungkap Chuan Tzu, salah satu peserta yang berasal dari Taiwan.
Kelas bahasa Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat internasional untuk mempelajari bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang penting untuk dipelajari, terutama bagi mereka yang ingin melakukan bisnis atau bekerja di Indonesia. Selain itu, kelas bahasa Indonesia ini juga dapat menjadi sarana untuk mempromosikan budaya Nusantara kepada masyarakat internasional. Dengan mengenal budaya Nusantara, masyarakat internasional dapat lebih memahami Indonesia dan mempererat hubungan antara Indonesia dengan negara-negara lain. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa prodi TBI di Amerika Serikat. Hesty Widiastuty, M.Pd yang juga Kaprodi TBI menyambut hangat kegiatan ini. "Inisiatif ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi prodi TBI, tetapi juga mencerminkan semangat keberagaman dan inklusivitas yang menjadi landasan kampus ini. Saya berharap upaya mahasiswa kami akan terus menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terlibat dalam kegiatan serupa.". Dengan membuka gerbang budaya Nusantara melalui kelas Bahasa Indonesia, maka mahasiswa prodi TBI di Amerika Serikat dapat memberikan kontribusi positif dalam memperkuat ikatan antarnegara dan membangun pemahaman lintas budaya di lingkungan kampus internasional.

No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages