TBI SUKSES MENYELENGGARAKAN KONFERENSI INTERNASIONAL - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

TBI SUKSES MENYELENGGARAKAN KONFERENSI INTERNASIONAL

Share This

 

Sudah menjadi agenda tahunan bagi Program Studi Tadris (Pendidikan) Bahasa Inggris (TBI)  FTIK IAIN Palangka Raya untuk menyelenggarakan kegiatan bertaraf internasional. Pada tahun ini, Tadris (Pendidikan) Bahasa Inggris (TBI) mengadakan kegiatan: “THE 4th 2020 INTERNATIONAL CONFERENCE ON ENGLISH LANGUAGE TEACHING (INACELT)” dengan tema  “The Quaternity of Language, Psychology, Pedagogy and Technology towards New Normal and Beyonds.” Tema ini tentunya disesuaikan dengan situasi kenormalan baru (new normal) yang menuntut adanya pendekatan multidisipliner.

 

Walaupun berada dalam suasana pandemic Covid 19, tidak menjadi halangan untuk penyelenggaraan sebuah kegiatan yang sifatnya berskala internasional. Menyesuaikan dengan situasi dan menjunjung protokol kesehatan, maka  konferensi dilaksanakan secara virtual yang memungkinkan para pembicara (keynote speakers) berada di tempat masing-masing dapat  menyampaikan materinya secara live dan pada saat yang sama bisa diikuti berbagai pihak dari berbagai tempat.

Ada sejumlah pembicara utama (keynote speakers) berbagai negara yang telah mengisi acara konferensi tersebut, antara lain: Prof. Moustafa Hassan (Vice Chancellor for International Cooperation, Hamdan Bin Mohammed Smart University/ HBMS, Dubai, United Arab Emirates), Prof. Dr. Arif Saricoban (Selcuk University, Turkey), Ania Lian, Ph.D. (Charles Darwin University, Australia), Prof. Ali Saukah, Ph.D.,  Nunung Suryati, M.Ed, Ph.D.,  Anik Nunuk Wulyani, M.Pd, Ph.D. (Universitas Negeri Malang, Indonesia), Prof. Dr. Wahjuningsih Usadiati, M.Pd., Prof. Dr. Maria A. Luardini, M.A (Universitas Palangka Raya, Indonesia). Tak ketinggalan pula, Dr. H. Abdul Qodir, M.Pd,  Dr. Imam Qalyubi, S.S., M.Hum dan Dr. Abdul Syahid, M.Pd (Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia) ikut dalam kegiatan ini.

 

Kegiatan diselenggarakan pada hari Rabu dan Kamis (tanggal 21 dan 22 Oktober 2020). Pada hari Rabu tanggal 21 Oktober 2020, sejumlah pembicara utama yang berkesempatan untuk menyampaikan materinya, antara lain; Prof. Moustafa Hassan (Vice Chancellor for International Cooperation, Hamdan Bin Mohammed Smart University/HBMS, Dubai United Arab Emirates), Prof. Dr. Arif Saricobpemban (Selcuk University, Turkey), Ania Lian, Ph.D. (Charles Darwin University, Australia), Dr. H. Abdul Qodir, M.Pd, Sebelum kegiatan konferensi dimulai, Rektor IAIN Palangka Raya, Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag membuka acara secara resmi kegiatan dan dilanjutkan dengan sesi presentasi dari masing masing pembicara utama. Pada hari kedua, yaitu Kamis (tanggal 22 Oktober 2020), Prof. Ali Saukah, Ph.D.,  Nunung Suryati, M.Ed, Ph.D., Anik Nunuk Wulyani, M.Pd, Ph.D. (Universitas Negeri Malang, Indonesia), Prof. Dr. Wahjuningsih Usadiati, M.Pd., Prof. Dr. Maria A. Luardini, M.A (Universitas Palangka Raya, Indonesia). Dr. Imam Qalyubi, S.S., M.Hum dan Dr. Abdul Syahid, M.Pd. (Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia) mendapatkan kehormatan  untuk menyampaikan materinya masing-masing.

 

Selain kegiatan konferensi, diadakan sesi paralel dengan sejumlah 32 (tiga puluh dua) kelompok penyaji yang merupakan hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa, baik di tingkat S1 maupun tingkat S2 dengan 32 (tiga puluh dua) topik berkaitan isu-isu Covid 19. Selanjutnya Kegiatan ini telah dihadiri oleh dosen-dosen, mahasiswa dari tingkat S1 sampai tingkat S2, dan para guru-guru dan para alumni.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan konferensi, Kaprodi TBI, Zaitun Qamariah, M.Pd yang juga terlibat dalam kepanitian, ketika dihubungi secara virtual, mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan mahasiswa yang membantu terlaksananya INACELT keempat ini walaupun dilaksanakan secara virtual. Kegiatan ini menjadi wadah bertemunya pendidik dan pembelajar untuk berbagi ide-ide baru  terkait bidang pembelaran bahasa Inggris. (rn)

No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages