Tuesday, April 9, 2019

Ternyata Mahasiswa TBI IAIN Palangka Raya ini mempunyai Skill dan Prestasi yang beragam!!

Juara 3 Debat Bahasa Inggris
"Ketua AVERROES,  Ketua HMPS TBI (2018), Prestasi Lomba, Organisasi dan Komunitas lainya, Kuliah, Mengajar Les".

Mahasiswa yang sering disapa Syahril atau lebih akrab dipanggil teu, mempunyai nama lengkap syahril Rifansah. Sekarang berada di semester 6, prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI), Jurusan Pendidikan Bahasa dan Fakultas Tarbiyah ilmu keguruan di IAIN Palangka Raya ini mempunyai skill dan prestasi yang bervariasi.

Syahril yang sekarang duduk di semester 6, ternyata telah banyak mengikuti kegiatan lomba di dalam maupun diluar kampus, dan menghabiskan waktunya dengan kuliah, organisasi, serta mengajar les private di salah satu bimbel yang ada di palangka raya.

Ketua Averroes
Dari segi prestasi, syahril sering ikut kegiatan-kegiatan diluar semasa masih duduk dibangku SMA. Dia adalah salah satu anggota pramuka yang membawa nama sekolahnya ikut kegiatan dan memenangkan beberapa lomba di tingkat sma pada tahun (2015). Dia juga sering kali ikut turnamen Liga Pendidikan Indonesia (sepakbolla) di tingkat kabupaten semasa masih duduk di bangku sma pada tahun (2014, 2015). Selanjutnya ia juga pernah mengikuti seleksi olimpiade kimia pada tahun (2015).

Dibangku kuliah Syahril memenangkan juara 3 lomba essay bahasa inggris pada kegiatan lokanira (2018) yang dilaksanakan di SMA-2 se kota Palangka Raya. Dan dia memenangkan lagi juara 3 lomba sumpah pemuda 3 bahasa pada pekan kreatifitas mahasiswa tahun 2017. Selanjutnya ia salah satu anggota group English Debate Competition yang memenangkan juara 3 pada acara EDSA tahun 2017. Serta sering mengikuti turnamen-turnamen futsal.

Juara 3 lomba Essay
Selain itu ia juga sering mengikuti even-even INACELT dan pelatihan lainya di dalam kampus. Selain sibuk di bangku kuliah dan mendulang prestasi. Dia juga pernah ikut organisasi intra maupun ekstra, Organisasi yang pernah diikuti di ekstra kampus ialah KAMMI (2016). Dia juga pernah menjabat selaku ketua HMPS TBI periode tahun 2018 yang lalu dan sedikit membawa perubahan bagi HMPS TBI sendiri. Imbuhnya"

Dan sekarang dia diamanahi untuk menjadi ketua AVERROES (Rusun Awa) di IAIN Palangka Raya,  atau dikenal orang tempat penghafal al-Qur'an. Dia pun awalnya tidak menyangka bisa diamanahi sebagai ketua. “Dia kira hanya orang-orang yang punya background agama yang bagus lah yang bisa di posisi tersebut. Namun, realita berkata lain, selagi ada kemauan pasti ada jalan untuk belajar maju. Walaupun darimana dan seperti apa latar belakangmu, selagi ada niat dan usaha serta diiringi doa, pasti semuanya tidak ada yang tidak mungkin” ujarnya.  

Selain sering mengikuti even-even lomba di intra dan ekstra kampus dia juga sibuk dengan pelajaran dibangku kuliah, selain itu bekerjasama dengan bimbingan mengajar di aku bisa di jl karet untuk sampingan ngajar les private di tempat itu. Dari segi prestasi dan kemampuan syahril memang mempunyai beragam keahlian akan tetapi semuanya terpendam dan tidak semuanya diperlihatkan. Dia juga berpesan "Gunakan waktu masa mudamu sebaik mungkin sebelum masa tua itu akan datang, karena segala sesuatu itu tidak akan hilang masanya kecuali akan tergantikan oleh tuhan,  Walaupun namamu tidak sebesar nama mereka yang sedari dulu ada dan jalan perjuanganmu berbeda dengan yang lain, tetap jangan sesali nasib atau kemampuan yang ada di dalam diri, tapi mulailah membina diri untuk masa depan yang berkualitas". 
Dinarasikan: s/edu/10 April 2019

0 comments:

Post a Comment