Pentingnya Evaluasi Tracer Studi Bagi Perguruan Tinggi - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

Pentingnya Evaluasi Tracer Studi Bagi Perguruan Tinggi

Share This


Demi meningkatkan sistem operasional tracer study kampus dan mewujudkan ketercapaian indikator pendidikan tinggi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemdikbud Ristekdikti), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka melaksanakan Evaluasi Tracer StudyRabu (02/05).


Dalam serangkaian acara yang berlangsung berhadir Dekan dan jajarannya, Kaprodi TBI, Hesty Widiastuty, M. Pd. serta para dosen, tendik dan alumni. Kesesuain linearitas penjurusan mahasiswa selama perkuliahan dengan pilikarir menjadi hal yang harus diperhatikan, selain itu kampus juga menetapkan target kemampuan meluluskan mahasiswa yang nantinya akan terjun di dunia kerja,  maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Perwakilan tim perjalanan dinas workshop nasional tracer study, Muhammad Amin menyampaikan urgensi adanya pusat karir dan jaringan alumni. “IAIN Palangka Raya, seperti yang kami cuplik pada slide ppt, PT kita sudah memiliki e-Tracer Study yang dikelola oleh Bagian Akademik dan Kemahasiswaan. Aplikasi semacam ini perlu digencarkan lagi agar dapat mencakup data alumni lebih banyak lagi” ujar Amin. 


Tracer study penting sebagai bahan untuk mengevaluasi ketercapaian indikator alumni perguruan tinggi yang terjun ke dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan S2, tujuan dari tracer study yaitu memberikan informasi mengenai keberadaan alumni bekerja, mengetahui informasi mengenai relevansi perguruan tinggi dengan dunia kerja, informasi mengenai situasi transisi dan dinamika kerja, informasi mengenai evaluasi pendidikan, dan memenuhi persyaratan akreditasi. Dengan adanya tracer study menjadi alat evaluasi untuk melihat relevansi antara perguruan tinggi dengan dunia kerja serta membangun hubungan dengan alumni.

No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages