MAHASISWA TBI MANFAATKAN LIMBAH MENJADI PROPERTI SIAP PAKAI - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

MAHASISWA TBI MANFAATKAN LIMBAH MENJADI PROPERTI SIAP PAKAI

Share This

IAIN Palangka Raya – Mahasiswa aktif prodi TBI memanfaatkan limbah berupa triplek dan kayu bekas untuk dijadikan sebagai sebuah properti siap pakai. Peralihan fungsi limbah ini terinspirasi untuk meminimalisir limbah dan juga bentuk keprihatinan mahasiswa/i TBI dengan limbah yang kian hari semakin bertambah.

Tidak hanya untuk meminimalisir limbah menjadi sebuah properti siap pakai, mahasiswa/i tersebut juga merasa tertantang untuk melatih kreativitas mereka dalam memanfaatkan limbah yang bisa di gunakan kembali menjadi barang siap pakai untuk sebuah keperluan.

Dibawah arahan dan bimbingan dosen pendamping, Dr. Imam Qalyubi, S.S., M.Hum., mahasiswa memanfaatkan kayu untuk membuat kursi, pedang, keris, tombak hingga  kapal yang dapat digunakan untuk pentas seni. Dengan adanya bahan tambahan seperti cat untuk mendekorasi properti tersebut, limbah dapat di sulap menjadi properti bermanfaat. Kreatifitas mahasiswa/i tidak hanya terbatas dalam memanfaatkan limbah menjadi properti siap pakai, namun juga mereka melatih kemampuan melukis pada properti yang telah di buat dengan lukisan bermotif batik dayak. Melukis dengan motif batik dayak tersebut juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan mahasiswa/i untuk tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan yang telah di tinggalkan oleh leluhur. 

Adanya aktivitas positif dari mahasiswa/i diharapkan dapat memotivasi mahasiswa/i IAIN Palangka Raya dalam memanfaatkan limbah yang bisa digunakan kembali menjadi barang siap pakai dengan tujuan untuk meminimalisir limbah yang semakin hari semakin bertambah dan sebagai sebuah cara untuk melatih kreativitas masing-masing individu. 

Penulis             : Ari Rahmad Nawawi

Editor              : Hesty Widiastuty

 

No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages