MAHASISWI TBI GUNAKAN WAKTU LUANG UNTUK LATIHAN BERSAMA TARIAN ‎TRADISIONAL DAYAK - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

MAHASISWI TBI GUNAKAN WAKTU LUANG UNTUK LATIHAN BERSAMA TARIAN ‎TRADISIONAL DAYAK

Share This

IAIN Palangka Raya ­– Kesenian tradisional merupakan suatu kebudayaan tradisional yang bisa disebut sebagai sarana yang digunakan untuk menyalurkan serta mengekspresikan rasa keindahan seni tradisional dari dalam jiwa tiap manusia. Salah satu dari kesenian tradisional itu sendiri adalah seni tari. Pada era sekarang, banyak kesenian tradisional terutama seni tari yang mulai punah dan ditinggalkan, karena maraknya globalisasi di dunia. Banyak orang-orang yang lebih menggemari budaya luar dengan cara menghafalkan tarian dari luar.

Mahasiswi TBI merasa prihatin dengan maraknya generasi-Z yang kian hari semakin melupakan kebudayaan tradisional yang telah dititipkan leluhur kepada generasi selanjutnya. Adanya demam K-Pop juga merupakan salah satu penyebab generasi-Z kurang mengapresiasi kebudayaan tradisional. Oleh karena itu, sejumlah mahasiswi TBI angkatan 2019 memanfaatkan waktu luang untuk latihan bersama tarian tradisional dayak di ruang lingkup kampus. Latihan bersama tersebut termotivasi sebagai sebuah upaya untuk melestarikan budaya tradisional yang telah ditinggalkan turun-temurun agar tetap eksistensi ditengah kemajuan globalisasi.

Latihan bersama tersebut dilakukan setiap sore di selasar gedung perkuliahan MIPA IAIN Palangka Raya dan direncanakan untuk ditampilkan pada sebuah acara pentas seni di ruang lingkup kampus.

Dengan adanya latihan bersama dan penampilan tarian Dayak dalam sebuah event kampus, besar harapan kepada semua kalangan agar dapat selalu melestarikan dan mengapresiasi kekayaan budaya yang telah ada sejak zaman dahulu agar tetap eksistensi di tengah kemajuan globalisasi.

Penulis             : Ari Rahmad Nawawi

Editor              : Hesty Widiastuty

No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages