Tuesday, December 15, 2020

Prestasi-Prestasi Journal on English as a Foreign Language (JEFL)

 Journal on English as a Foreign Language (JEFL) yang didirikan pada bulan Maret 2011 dengan print-ISSN 2088-1657 dan online-ISSN 2502-661 adalah jurnal Open Access yang menggunakan sistem double blind review dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing atau sebagai Bahasa Kedua yang dikelola oleh Tadris (Pendidikan) Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya  bekerja sama dengan Asosiasi Pengajar Bahasa Inggris di bidang Linguistik, Sastra dan Pendidikan/Association of Teachers of English Linguistics, Literature and Education (ELITE Association) di Indonesia. Untuk mengakses JEFL silahkan kunjungi di laman jurnal http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jefl/index

Jurnal ini bertujuan untuk  mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian dengan pembahasan mendalam tentang teori dan praktik pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing atau sebagai Bahasa Kedua. Cakupan artikel jurnal JEFL adalah terkait dengan ide-ide pembelajaran Bahasa Inggris atau English Language Teaching (ELT) berdasarkan hasil-hasil penelitian oleh para guru, dosen, dan peneliti pada umumnya dari seluruh dunia yang ditinjau dari berbagai perspektif. Secara spesifik cakupan artikel jurnal JEFL adalah isu-isu pembelajaran Bahasa Inggris (ELT) terkini (Lihat JEFL AIMS and SCOPE: http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jefl/about/editorialPolicies#focusAndScope).

Sebagai jurnal yang dari awal dipersiapkan untuk menjadi  jurnal bereputasi internasional, maka segala daya dan upaya telah dilakukan dengan maksimal (all out) oleh Tim Pengelola JEFL. Berikut ini prestasi-prestasi JEFL terkini berdasarkan informasi yang disampaikan oleh M. Zaini Miftah, M.Pd selaku Ketua Redaksi (Editor-in-Chief).

Pada tahun 2019, JEFL terindeks oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (KEMENRISTEK-BRIN) Indonesia dengan posisi Peringkat 2 atau SINTA 2 (tertanggal 8 Agustus 2019 dan berlaku efektif sampai tahun 2023). Peringkat ini mencerminkan kinerja jurnal di tingkat nasional, yang berada satu tingkat di bawah Sinta 1 atau terindeks scopus. (Lihat https://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=56)

Pada Tahun 2020, JEFL terpilih sebagai Jurnal Indonesia Berkualitas Menuju Indeksasi Standar Internasional Tahun 2020 KEMENRISTEK-BRIN (One of the Quality of Indonesian Scientific Journals towards International Standard Indexation), tertanggal 18 November 2020.

Untuk diseminasi artikel JEFL sampai saat ini telah terindeks di 17 International Data Bases, diantaranya: Directory of Open Access Journals (DOAJ) sejak 1 Desember 2016, Crossref Metadata Search, Google Scholar, Science and Technology Index (SINTA) by Kemenristek-BRIN  of the Republic of Indonesia, Directory of Open Access Scholarly Resources (ROAD), EBSCO, Microsoft Academic, MORAREF by Ministry of Religious Affairs of the Republic of Indonesia, Indonesian Scientific Journal Database (ISJD), Mendeley, Elsevier, Garba Rujukan Digital (GARUDA), Dimensions, Indonesia One Search (IOS), Bielefeld Academic Search Engine (BASE), OCLC WorldCat, Index Copernicus International (ICI), Publons. (Lihat http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jefl/about/editorialPolicies#custom-1)

Saat ini, JEFL sedang dievaluasi oleh salah satu pengindeks jurnal bereputasi Internasional yaitu Emerging Sources Citation Index (ESCI) of Web of Science (WOS). Sesuai dengan roadmap JEFL, Insya Allah tahun 2022 akan didaftarkan ke indeks Scopus.

Adapun Tim editor (International Editorial Board) JEFL berjumlah 19 (sembilan belas) orang yang berasal dari 7 (tujuh) negara termasuk Indonesia (lihat http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jefl/about/editorialTeam) dan Mitra Bestari (Peer-Reviewer) berjumlah 29 (dua puluh Sembilan) orang yang berasal dari 12 (dua belas) negara termasuk Indonesia  (lihat http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jefl/about/displayMembership/40)

Jumlah artikel JEFL yang sudah terbitkan sampai volume terakhir, volume 10 tahun 2020 berjumlah 127 artikel. Rata-rata per nomor ada 2 artikel dari luar negeri baik dari Benua Asia, Afrika, dan Eropa. (Lihat http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jefl/issue/archive)

Jumlah sitasi di Google Scholar sampai  tanggal 13 Desember 2020, berjumlah 514 kali sitasi, h-index= 11 dan i10-index= 14.  Adapun jumlah Scopus Citedness nya sebanyak 19 kali. Jumlah pengunjung unik  (pengunjung baru) rata-rata 100 orang per hari.(rn).

 

 

0 comments:

Post a Comment