Thursday, December 3, 2020

Mahasiswa-Mahasiswi TBI Diwisuda di Masa Pandemi Corona

 Ada 23 (dua puluh tiga) orang mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris FTIK IAIN Palangka Raya yang telah mengikuti acara “Wisuda Sarjana XXX dan Magister VII  Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Palangka Raya” tahun 2020 yang diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 3 Desember 2020 bertempat di Aula dan halaman Rektorat IAIN  Palangka Raya.

Dalam suasana Covid 19, acara wisuda dilaksanakan secara Drive Through atau Walk Through dengan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti mengatur jarak, menggunakan masker, menempatkan alat transportasi seperti mobil, sepeda motor, sepeda dengan posisi 30 meter dari lokasi kegiatan, pembatasan tamu undangan dan mengatur tahapan-tahapan kegiatan termasuk pemindahan kuncir. Selain itu, untuk para wisudawan dan wisudawati yang ingin berfoto, telah disediakan tempat di tiga lokasi dalam kampus untuk menghindari kerumunan masa

Sebagaimana biasanya, sebelum prosesi wisuda (acara inti) dimulai, acara sidang senat dibuka secara resmi oleh Ketua Senat IAIN Palangka Raya, Dr. Mazrur, M.Pd., di Aula IAIN Palangka Raya. Acara wisuda ini dilaksanakan secara off line dan on line (disiarkan secara virtual lewat saluran Youtube)

Prosesi acara dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama yaitu acara inti yang dilaksanakan di Aula IAIN Palangka Raya (pembukaan sidang senat terbuka, pembacaan doa, pidato rektor termasuk di dalamnya acara seremonial pemberian penghargaan kepada sembilan belas mahasiswa  mahasiswa berprestasi) dan tahap kedua, yaitu acara yang dilaksanakan di depan Rektorat IAIN Palangka Raya, yang dikhususkan pada pemindahan kuncir wisudawan dan wisudawati oleh masing-masing dekan di lingkungan IAIN Palangka Raya secara bergiliran.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Palangka Raya, berharap agar wisudawan dan wisudawati bisa bergabung di Ikatan Alumni IAIN Palangka Raya yang merupakan wadah berhimpunnya para alumni untuk bertukar ilmu pengetahuan dan pengalaman serta berkontribusi terhadap kemajuan IAIN Palangka Raya. Selain itu, rektor juga menyampaikan bahwa ada salah seorang dosen IAIN Palangka Raya yang baru saja meraih gelar profesor, yaitu, Prof. Dr. H. Abdul Qodir, M.Pd.

Terkait dengan acara wisuda, Zaitun Qamariah, M.Pd, selaku Kaprodi TBI, ketika diwawancarai secara virtual mengungkapkan rasa bangganya karena mahasiswa TBI kembali bisa menjadi peserta wisuda di tengah pandemi ini. Mudah-mudahan bisa menjadi alumni yang mengharumkan nama TBI, FTIK dan IAIN Palangka Raya dimanapun mereka mengabdi setelah lulus.(rn)

 

0 comments:

Post a Comment