Sunday, November 22, 2020

Dosen dan Mahasiswa TBI Melakukan Pengabdian Masyarakat Secara Bersama

 

Dalam melaksanakann berbagai aktifivitasnya, semua perguruan tinggi selalu mengacu kepada Tridharma Perguruan Tinggi; (a) pendidikan, (b) penelitian dan (c) pengabdian kepada masyarakat. Ketiga-tiganya saling berkaitan antara satu sama lainnya. Keberadaan Tridharma Perguruan Tinggi berlandaskan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 1, yang mengatakan bahwa Tridharma Perguruan Tinggi yang selanjutnya disebut Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kewajiban untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi ini berlaku di seluruh Indonesia baik untuk kampus negeri maupun swasta.

Dalam rangka mengimplementasikan salah satu butir tri dharma, yaitu dharma ketiga, pengabdian kepada masyarakat, maka dosen dan mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya telah melakukan pengabdian masyarakat secara bersama-sama (kolaboratif) di sejumlah sekolah-sekolah di lingkungan kota Palangka Raya. Pengabdian kolaboratif dosen dan mahasiswa terbagi ke dalam beberapa kelompok yang dapat dijelaskan sebagai berikut.

Kelompok dosen yang melakukan pengabdian masyarakat di Sekolah Menengah Atas Negeri-3 Palangka Raya; Dr. Abdul Syahid, M.Pd, Zaitun Qomariah, M.Pd dan Hesty Widyastuty, M.Pd. Kelompok ini memfokuskan pada sosialisasi tentang “Anti Plagiarisme” dengan sasaran para guru-guru di lingkungan Sekolah Menegah Negeri-3 Palangka Raya.

Kelompok dosen dan mahasiswa yang melakukan pengabdian masyarakat di Madrasah Aliyah (MA) Hidayatul Insan Palangka Raya; Aris Sugianto, M.Pd dan Hesty Widyastuty, M.Pd bersama mahasiswa memfokuskan pada materi “Offering Help, News Items and Imperative,” dengan sasarannya siswa-siswi di lingkungan MA Hidayatul Insan Palangka Raya.”

Kelompok dosen dan mahasiswa yang melakukan pengabdian masyarakat di Madrasah Tsanawiyah  (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA) Raudhatul Jannah Palangka Raya; Rahmadi Nirwanto, M.Pd, Sabarun, M.Pd dan Akhmad Ali Mirza, M.Pd mengangkat topik” Pembuatan Video Pembelajaran dengan Plotagon Story dan Pembuatan Soal Inovatif,” yang disampaikan dihadapan guru-guru di Madrasah Tsanawiyah  (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA) Raudhatul Jannah Palangka Raya dan sejumlah mahasiswa TBI yang hampir menyelesaikan praktek mengajar.



Kelompok dosen dan mahasiswa  yang melakukan pengabdian masyarakat di SMA IT Hasanka; Dr. Imam Qalyubi, M.Hum  mengangkat topik:” Bahasa dan Sastra dalam Era Digital,” dan kelompok mahasiswa TBI mengangkat topik “Webinar TOEFL Listening Application to Improve Students’ English Skills,” dan “Webinar Discord Application/ Program as an Alternative Way of Video and Text Chat.”

Selanjutnya, sekelompok mahasiswa yang melakukan pengabdian masyarakat di SMA Muhammadiyah Palangka Raya; M. Alpian, Aula Mukarromah, Dijah Fatma, Fuyudhatul Husna, Wahyutami Dewi, M. Hasir, Siti Masniah, Milah, Nia Marlini, Yoga Irawanto dan Nuning Melati Putri dengan topik “An Online Workshop: A  Reference Management System and A Similarity Checking Application for Better Scientific Writing.” Adapun sasarannya adalah para siswa kelas XII  SMA Muhammadiyah Palangka Raya.

Sementara itu, Zaitun Qamariah, M.Pd, selaku Kaprodi TBI terkait dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, ketika diwawancarai secara virtual mengatakan bahwa kegiatan pengabdian dosen bersama mahasiswa ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat agar masyarakat di luar kampus bisa lebih mengenal IAIN Palangka Raya secara umum dan prodi TBI secara khusus. Selain itu, pengabdian ini juga menjadi salah satu bentuk kebersatuan dosen, mahasiswa dan masyarakat sehingga perguruan tinggi tidak terkesan eksklusif.(rn)

0 comments:

Post a Comment