Review Kurikulum Program Studi TBI Berbasis KKNI - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

Review Kurikulum Program Studi TBI Berbasis KKNI

Share This
TBI IAIN Palangka Raya - Kurikulum sebagai komponen pendukung keberhasilan pembelajaran merupakan unsur penting bagi kemajuan program studi sehingga diharapkan suatu desain pembelajaran dikelola dengan baik dan dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan users. Pembelajaran yang berkualitas dan up-to-date tentunya harus diawali dengan kurikulum yang baik dan up-to-date pula. Untuk menjawab tantangan tersebut, perlu dilakukan peninjauan kurikulum program studi. Sebagaimana diketahui bahwa Program Studi Tadris Bahasa Inggris (Prodi TBI) IAIN Palangka Raya telah mengimplementasikan kurikulum berbasis KKNI yang dimulai sejak Tahun Akademik 2015-2016. Untuk mencapai tujuan yang dikemukakan di atas, maka Prodi TBI telah melaksanakan peninjauan kurikulum atau review kurikulum sebagaimana yang dimaksud.

Pada hari Jum’at, tanggal 13 Mei 2016, telah dilaksanakan kegiatan Review Kurikulum Prodi TBI, di Aula Perpustakaan IAIN Palangka Raya. Kegiatan ini adalah rangkaian dari kegiatan Workshop Kurikulum Berbasis KKNI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Sebagai reviewer/narasumber adalah Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Kegiatan Review Kurikulum dihadiri oleh antara lain Drs. Fahmi, M.Pd (Dekan FTIK), Dra. Hj. Roudatul Jennah, M.Pd (Wadek I), Triwid Syafarotunnajah, M.Pd (Wadek II), Gito Supriadi, M.Pd (Wadek III), Hj. Hamidah, M.A. (Kajur Pendidikan Bahasa), Santi Erliana, M.Pd (Sekjur), dan M. Zaini Miftah, M.Pd (Kaprodi TBI). Selain itu kegiatan tersebut dihadiri oleh peserta lain termasuk Tim Pengembang Kurikulum Prodi TBI dan semua dosen Prodi TBI Jurusan Pendidikan Bahasa FTIK IAIN Palangka Raya.

Melalui workshop ini diharapkan dapat mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum yang telah  berlaku. Para peserta diajak untuk mereview kurikulum yang sudah diberlakukan di prodi hingga saat ini. Dengan diberlakukannya kurikulum Prodi TBI berbasis KKNI, maka dituntut adanya kualitas perkuliahan yang sesuai dengan perkembangan IPTEK dan dapat meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan mahasiswa. Sehingga diharapkan output Prodi TBI bisa berkualitas dan berdaya saing yang tinggi.

Setelah direview oleh reviewer/narasumber dan dicermati bersama-sama oleh peserta, maka perlunya memperbaiki dokumen Kurikulum Prodi TBI berbasis KKNI. Revisi perlu dilakukan terkait dengan komponen kurikulum diantaranya tentang rasional kurikulum dan ruh KKNI, profil lulusan, empat diskripsi (pengetahuan, sikap, ketrampilan, dan wewenang), kompetensi lulusan, indikator, pengembangan bahan kajian matakuliah untuk menentukan nama matakuliah dan bobot matakuliah, distribusi matakuliah, pengembangan silabus matakuliah, dan referensi perkuliahan yang up-to-date. Sangat diharapkan follow up kegiatan ini segera dilaksanakan dengan melakukan revisi dan pengkajian berikutnya. (Admin)











No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages