TBI IAIN Palangka Raya - Kurikulum sebagai komponen pendukung keberhasilan
pembelajaran merupakan unsur penting bagi kemajuan program studi sehingga diharapkan suatu desain pembelajaran
dikelola dengan baik dan dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan users. Pembelajaran
yang berkualitas dan up-to-date tentunya harus diawali dengan kurikulum
yang baik dan up-to-date pula. Untuk menjawab tantangan tersebut, perlu dilakukan
peninjauan kurikulum program studi. Sebagaimana diketahui bahwa Program Studi Tadris Bahasa Inggris (Prodi TBI) IAIN Palangka Raya telah
mengimplementasikan kurikulum berbasis KKNI yang dimulai sejak Tahun Akademik
2015-2016. Untuk mencapai tujuan yang dikemukakan di atas, maka Prodi TBI telah
melaksanakan peninjauan kurikulum atau review kurikulum sebagaimana yang
dimaksud.
Pada hari Jum’at, tanggal 13 Mei 2016, telah
dilaksanakan kegiatan Review Kurikulum Prodi TBI, di Aula Perpustakaan IAIN Palangka
Raya. Kegiatan ini adalah rangkaian dari kegiatan Workshop Kurikulum Berbasis
KKNI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Sebagai
reviewer/narasumber adalah Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd dari Universitas Negeri
Surabaya (UNESA). Kegiatan Review Kurikulum dihadiri oleh antara lain Drs.
Fahmi, M.Pd (Dekan FTIK), Dra. Hj. Roudatul Jennah, M.Pd (Wadek I), Triwid
Syafarotunnajah, M.Pd (Wadek II), Gito Supriadi, M.Pd (Wadek III), Hj. Hamidah,
M.A. (Kajur Pendidikan Bahasa), Santi Erliana, M.Pd (Sekjur), dan M. Zaini Miftah,
M.Pd (Kaprodi TBI). Selain itu kegiatan tersebut dihadiri oleh peserta lain termasuk Tim Pengembang
Kurikulum Prodi TBI dan semua dosen Prodi TBI Jurusan Pendidikan Bahasa FTIK
IAIN Palangka Raya.
Melalui workshop ini diharapkan dapat
mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum yang telah berlaku. Para peserta diajak untuk mereview
kurikulum yang sudah diberlakukan di prodi hingga saat ini. Dengan
diberlakukannya kurikulum Prodi TBI berbasis KKNI, maka dituntut adanya
kualitas perkuliahan yang sesuai dengan perkembangan IPTEK dan dapat
meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan mahasiswa. Sehingga diharapkan output
Prodi TBI bisa berkualitas dan berdaya saing yang tinggi.
Setelah direview oleh reviewer/narasumber dan dicermati
bersama-sama oleh peserta, maka perlunya memperbaiki dokumen Kurikulum Prodi TBI berbasis KKNI. Revisi perlu dilakukan terkait dengan komponen kurikulum
diantaranya tentang rasional kurikulum dan ruh KKNI, profil lulusan, empat
diskripsi (pengetahuan, sikap, ketrampilan, dan wewenang), kompetensi lulusan,
indikator, pengembangan bahan kajian matakuliah untuk menentukan nama matakuliah
dan bobot matakuliah, distribusi matakuliah, pengembangan silabus matakuliah,
dan referensi perkuliahan yang up-to-date. Sangat diharapkan follow up
kegiatan ini segera dilaksanakan dengan melakukan revisi dan pengkajian
berikutnya. (Admin)
No comments:
Post a Comment