Keren! 2 Mahasiswa Prodi TBI FTIK IAIN Palangka Raya Lulus MOSMA Ke Amerika - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

Keren! 2 Mahasiswa Prodi TBI FTIK IAIN Palangka Raya Lulus MOSMA Ke Amerika

Share This

Kabar gembira datang dari mahasiswa dan mahasiswi TBI FTIK IAIN Palangka Raya atas nama Mohammad Aqli (Semester 7) dan Josilia Puspito Rahayu (Semester 5) berhasil mendapatkan Beasiswa Indonesia Bangkit pada Beasiswa Non Gelar MORA Overseas Student Mobility Award (MOSMA) 2023 oleh Kementerian Agama Republik Islam. MOSMA berbentuk program mobilitas fisik yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri. Program ini berlangsung selama 1 semester dengan durasi maksimal 6 bulan. Melalui program ini, mahasiswa mendapatkan kredit yang dapat dikonversi ke dalam SKS (Satuan Kredit Semester) di kampus asal.

Aqli dan Josilia berkesempatan untuk belajar di Amerika namun dengan tujuan universitas yang berbeda. Aqli ditempatkan di University of Rochester, New York, sedangkan Josilia di University at Buffalo, di Buffalo atau Amherst.


Kedua mahasiswa ini harus melalui berbagai tahapan agar bisa mendaftarkan diri pada program ini. Mulai dari persyaratan berkas hingga tes kemampuan bahasa Inggris dengan kriteria yang tinggi. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa-mahasiswa IAIN Palangka Raya mampu bersaing dengan kampus lain termasuk di luar pulau Kalimantan.

Prestasi ini tentu sangat membanggakan untuk IAIN Palangka Raya dan Prodi TBI secara khusus. Diharapkan para mahasiswa TBI lainnya serta prodi yang ada di IAIN Palangka Raya dapat menjadikan ini sebagai motivasi untuk juga berprestasi di kawasan internasional. Lebih lanjut Kaprodi TBI, Hesty Widiastuty, M.Pd menyampaikan  dukungannya secara penuh terhadap perjalanan 2 orang mahasiswanya menuju Amerika. “Kami bangga dan percaya bahwa perwakilan kami akan mampu mengharumkan nama baik kampus di tingkat internasional. Kami yakin Aqli dan Josilia akan menjadi duta yang berkompeten dan mampu berbicara tentang pendidikan Indonesia di tingkat global" ujar beliau. Melalui program ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki pengalaman kuliah di perguruan tinggi luar negeri, sehingga dapat meningkatkan wawasan berpikir keilmuan, bersikap terbuka, beradaptasi dengan kultur perkuliahan maupun kehidupan kampus berskala internasional serta merasakan besarnya potensi Indonesia di kancah internasional, sehingga memotivasi diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik melalui beasiswa maupun mandiri, dengan kebangaan diri sebagai bangsa Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages