Prodi TBI Mengikuti Sosialisasi Penyusunan Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

Prodi TBI Mengikuti Sosialisasi Penyusunan Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka

Share This

 

IAIN Palangka Raya mengadakan sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara virtual menggunakan Zoom Cloud Meeting pada hari Jum'at, 9 Juli. Adapun peserta yang hadir berasal dari unsur pimpinan di lingkungan IAIN Palangka Raya. Kegiatan sosialisasi langsung dipimpin langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Hj. Hamdanah, M.Ag. Beliau menyampaikan bahwa program MBKM sangat menguntungkan bagi mahasiswa, karena justru akan mempercepat kelulusan mahasiswa, dan proses belajar mengajar tidak hanya berlangsung di dalam kelas namun mahasiswa dapat melaksanakan magang ke beberapa kantor untuk memperdalam keterampilan mahasiswa, contohnya Fakultas Syariah melakukan magang di Pengadilan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam melakukan magang di Bank dan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah dapat melakukan magang di TVRI, serta pelaksanaan KKN tematik dapat dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Selanjutnya dalam paparannya, Wakil Dekan I Bidang Akademik FTIK IAIN Palangka Raya, Dr. Nurul Wahdah, M.Pd mengatakan bahwa merdeka belajar memungkinkan mahasiswa memiliki kemerdekaan untuk memilih model pembelajaran dalam rangka peningkatan kompetensi di bidak akademik, riset dan pengabdian kepada masyarakat. Saat ini model pembelajaran yang sepenuhnya di kelas sudah dirasa kurang efektif dalam mengatasi masalah-masalah terkini yang ada di dunia nyata, dengan adnaya program MBKM ini para mahasiswa dapat berpartisipasi dan berperan langsung di masyarakat. Program MBKM ini juga mendorong mahasiswa untuk mampu menguasai berbagai keilmuan sebelum memasuki dunia kerja, dimana mahasiswa dituntut untuk memiliki hardskill maupun softskill.


Pada program Merdeka belajar dalam satu semester mahasiswa dapat mengambil mata kuliah di program studi di Institusi yang sama maupun dapat mengambil mata kuliah di perguruan tinggi lain. Sebagai gambaran, misalnya mahasiswa program studi Tadris Bahasa Inggris dapat mengambil mata kuliah di FUAD untuk memperdalam ayat Al-Quran yang berkaitan dengan materi Biologi bahkan juga bisa mengambil di kampus lain misalnya di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Selanjutnya, pada sesi akhir diadakan sesi tanya jawab untuk memperdalam pemahaman terkait pelaksanaan MBKM itu sendiri kedepan di IAIN Palangka Raya.

No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages