Sunday, October 16, 2016

Workshop Pengembangan Bahan Ajar Berbasis SNDIKTI dan KKNI, dan Review Kurikulum Jurusan Pendidikan Bahasa

TBI IAIN Palangka Raya - Pada tanggal 16 - 17 September 2016 Jurusan Pendidikan Bahasa FTIK IAIN Palangka Raya mengadakan kegiatan Workshop Pengembangan Bahan Ajar berbasis SNDIKTI dan KKNI. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber/pakar, beliau adalah Guru Besar Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Surabaya (UNESA) yaitu Prof. Dr. Susanto, M.Pd. Acara diikuti oleh semua dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dari Prodi TBI dan PBA. Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Dekan I bidang Akademik Dra. Hj. Raudatul Jennah, M.Pd.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dalam pembuatan bahan ajar berbasis SNDIKTI dan KKNI. Sebagaimana tuntutan akademik saat ini bahwa kurikulum yang diberlakukan mulai tahun 2015 adalah Kurikulum mengacu pada KKNI. Dengan demikian dituntut adanya upaya untuk melengkapi komponen-komponen Kurikulum diantaranya adalah pembuatan bahan ajar.

Kegiatan hari pertama diawali dengan pembahasan tentang pembuatan Rencana Program Semester (RPS) dan bahan ajar. Narasumber memberikan materi bagaimana penyusunan RPS dan bagaimana membuat bahan ajar yang sesuai dengan RPS yang dibuat. Kegiatan dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan RPS oleh masing-masing dosen sesuai dengan matakuliah yang diampu. Pada hari kedua, kegiatan masih dilanjutkan dengan penyusunan RPS dan pembuatan bahan ajar. Agendanya fokus pada penyusunan Agenda Pembelajaran dan pembuatan bahan ajar sesuai dengan materi pokok yang diberikan dalam agenda pembelajaran tersebut. Agenda diakhiri dengan presentasi RPS dan bahan ajar oleh masing-masing dosen.

Hasil dari kegiatan ini adalah para peserta workshop sangat antusias sekali dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh narasumber. Produk final dari workshop ini adalah masing-masing dosen Jurusan Pendidikan Bahasa telah menyusun RPS dan bahan ajar matakuliah yang diampu berbasis SNDIKTI dan KKNI. Dengan demikian RPS dan bahan ajar yang dibuat oleh masing-masing dosen dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada semester ini dan seterusnya.

Di akhir kegiatan ini, juga dimanfaatkan untuk kegiatan Review Kurikulum Prodi TBI mengacu pada KKNI. Draft Kurikulum Prodi TBI diserahkan kepada Prof. Dr. Susanto, M.Pd untuk selanjutnya dibahas dan direview. Feedback dari Reviewer dijadikan masukan untuk memperbaiki Kurikulum yang ada. Dengan demikian, harapannya adalah Kurikulum yang diterapkan sesuai dengan aturan yang ada yang mengacu pada SNDIKTI dan KKNI.


0 comments:

Post a Comment