Friday, August 21, 2015

Profil Prodi TBI IAIN Palangka Raya

Prodi TBI in Brief

Prodi Tadris Bahasa Inggris (Prodi TBI) merupakan salah satu program studi pada jurusan Pendidikan Bahasa (PB) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya yang menyelenggarakan program gelar Sarjana/Strata 1 dengan Gelar Akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd). Program studi ini merupakan salah satu program studi favorit IAIN Palangka Raya yang telah ada sejak tahun 2002. Penyelenggaraan program studi iniberdasarkan SK Dirjen Kelembagaan Agama Islam No. DJ.II/218/2002 tertanggal 11 Juli 2002 dalam rangka memenuhi kebutuhan daerah khususnya di Propinsi Kalimantan Tengah dalam penyediaan tenaga pengajar profesional di bidang pendidikan bahasa Inggris.

Prodi TBI bermisi (1)  menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang pendidikan bahasa Inggris yang berkualitas berlandaskan nilai-nilai Islam, (2) melaksanakan penelitian kompetitif yang inovatif untuk pengembangan pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris, (3) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris, dan (4) menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan instansi, alumni, dan stakeholders guna mengembangkan kualitas program studi dan lulusan.



Prodi TBI telah mendapatkan izin perpanjangan prodi berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Islam No.348/2012 tertanggal 29 Februari 2012, dan terakreditasi C berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/V/2012 tertanggal 18 Oktober 2012.

Secara kelembagaan, mahasiswa Prodi TBI memiliki wadah organisasi diantaranya English Community (ECOM) yang menghimpun mereka untuk mengasah keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, serta Student Research Centre (SRC) yang merupakan wahana dalam membekali mahasiswa dalam hal penelitian melalui kegiatan pelatihan penelitian. Disamping itu, mahasiswa Prodi TBI dapat juga bergabung dengan organisasi kemahasiswaan yang ada di tingkat jurusan (HMJ), fakultas (HMF) maupun institut (BEM), serta dengan beragam Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) dan berbagai kegiatan ekstra lainnya di IAIN Palangka Raya.

0 comments:

Post a Comment