Sosialisasi Hasil Tracer Study Prodi TBI IAIN Palangka Raya Tahun 2021 - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

Sosialisasi Hasil Tracer Study Prodi TBI IAIN Palangka Raya Tahun 2021

Share This


        Prodi TBI IAIN PALANGKA RAYA memiliki program pelacakan terhadap alumni melalui Tracer Study yang dikoordinir oleh Mikwa Institut. Pada tahun 2019 dan 2020, tracer study dikordinasi oleh tingkat Fakultas, melalui SK Dekan No.125 tahun 2019, No.105 tahun 2020 dan No. 218 tahun 2021. Kegiatan Tracer Study dilakukan secara reguler setiap tahun dan terdokumentasi.

        Isi kuesioner dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam kuesioner Tracer Study dirumuskan dengan berpedoman pada pertanyaan-pertanyaan dalam Tracer Study untuk pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan Tracer Study oleh DIKTI, yang meliputi:

1. Identitas diri yang terdiri dari nama lengkap, jenis kelamin, nomor hand phone, alamat email, dan alamat rumah.
        Informasi mengenai identitas diri alumni merupakan hal penting terutama untuk mengetahui nomor kontak, baik hand phone maupun alamat email, supaya kontak dengan alumni dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.

2. Masa tunggu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan.
        Informasi mengenai masa tunggu lulusan merupakan hal penting, terutama untuk mengetahui kecepatan keterserapan alumni di dunia kerja.

3. Jenis pekerjaan alumni.
        Informasi mengenai jenis pekerjaan alumni merupakan hal penting untuk mengetahui kesesuaian bidang kerja alumni dengan bidang ilmu yang ditempuh selama mengikuti pendidikan di Prodi TBI.

4. Posisi atau jabatan alumni di kantor, instansi atau perusahaan tempat alumni bekerja.
        Informasi mengenai posisi atau jabatan alumni di kantor, instansi atau perusahaan tempat alumni bekerja merupakan hal penting untuk mengetahui tingkat kepercayaan pengguna alumni terhadap alumni sehingga dapat dipercaya untuk menduduki posisi atau jabatan tertentu. Alamat kantor, instansi atau perusahaan tempat alumni bekerja.

        Informasi mengenai alamat kantor, instansi atau perusahaan tempat alumni bekerja merupakan hal penting berkaitan dengan kegiatan Prodi TBI IAIN PALANGKA RAYA untuk melakukan Tracer User guna mengetahui kepuasan pengguna dengan hasil sebagai berikut.

        Alumni Prodi Tadris Bahasa Inggris IAIN Palangka Raya dari 2019 (TS-2) dapat berkarir dan turut berkiprah dalam pembangunan masyarakat. Dari penyebaran angket, terlacak 43 orang alumni yang telah bekerja semuanya (100%).

        Waktu yang dibutuhkan alumni untuk mendapatkan pekerjaan rata-rata dibawah 3 bulan dengan sektor pekerjaan sebagian besar berada pada sektor pendidikan dengan tingkat kesesuaian bidang kerja sangat tinggi sebesar 88%, tingkat sedang 9% dan tingkat kesesuaian rendah sebesar 3%.

        Berdasarkan hasil penelusuran terkait tingkat dan ukuran tempat kerja alumni Prodi Tadris Bahasa Inggris dari tahun 2019 (TS-2) didapatkan hasil bahwa sebanyak 17 orang alumni bekerja pada tingkat dan ukuran tempat kerja lokal/Wilayah/Berwirausaha tidak berizin dan sebanyak 21 orang alumni yang berkerja pada tingkat Nasional/Berwirausaha Berizin dan ada 5 orang alumni yang bekerja pada tempat kerja yang bertingkat multinasional maupun internasional.

No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages