Tracer study harus dilakukan terus secara kontinu dalam sebuah kelembagaan, dikelola dengan bagus sehingga semua alumni dapat diperoleh semua datanya sebagai dasar evaluasi untuk lembaga dan komunikasi serta tukar informasi antar alumni dan lembaga dapat terus terjalin. 

Tracer study bermanfaat untuk memberikan berbagai informasi penting untuk pengembangan perguruan tinggi dan sebagai alat untuk mengevaluasi relevansi antara pendidikan tinggi dengan dunia kerja, dapat memberi masukan yang berguna bagi dosen dan administrator untuk peningkatan kinerja, serta masukan bagi para orang tua dalam memantau pendidikan anak-anaknya.


Program Studi Tadris Bahasa Inggris pada Rabu (09/02) berhadir dalam sosialisasi tracer study yang dipimpin langsung oleh Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M. Pd, Dekan FTIK dengan pembahasan tentang  pengisian kuesioner, strategi peningkatan response rate, dan tahapan pelaksanaan Tracer Study Prodi tahun 2019 dengan sistem yang telah terintegrasi sehingga memudahkan untuk monitoring. 


Kegiatan ini dihadiri Kaprodi TBI, Zaitun Qamariah, M.Pd. beserta jajarannya, dosen, tendik dan para alumni. Diharapkan melalui sosialisasi ini, Prodi dapat menjangkau alumni yang telah mendapatkan pekerjaan serta mengetahui kiprah alumni dalam pembangunan masyarakat, serta pembaharuan kurikulum di Prodi.