Tuesday, March 15, 2016

Pelatihan Mendeley bagi Dosen Prodi PBI Jurusan Pendidikan Bahasa


PBI IAIN Palangka Raya - Dalam upaya meningkatkan kualitas karya ilmiah para dosen, Prodi Tadris (Pendidikan) Bahasa Inggris Jurusan Pendidikan Bahasa FTIK IAIN Palangka Raya telah melaksanakan Kegiatan Pelatihan Mendeley yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 19 Maret 2016 mulai pukul 07.30-11.30 Wib bertempat di Hotel Luwansa Palangka Raya. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Prodi PBI dan Jurusan Pendidikan Bahasa. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Ismail Suardi Wekke, M.A., Ph.D dari STAIN Sorong Papua Barat. Beliau termasuk Tim Asesor Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA). Peserta kegiatan ini adalah semua dosen di lingkungan Prodi PBI dan PBA yang berjumlah 33 orang.

Mendeley merupakan sebuah perangkat lunak gratis untuk mengelola sumber referensi ilmiah dan sebuah media sosial di bidang akademik, yang memungkinkan kita mengelola riset, berkolaborasi dengan peneliti lain dan juga mengetahui perkembangan riset terkini. Mendeley membantu dalam penulisan yang dapat dihasilkan dapat berupa berbagai bentuk seperti Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian, dan Jurnal Ilmiah. 

Namun, tidak semua dosen mampu untuk menggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, untuk memudahkan para dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dalam menggunakan Mendeley, maka dianggap perlu untuk diadakan Pelatihan Mendeley  guna mengajarkan bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkan aplikasi ini dalam membantu mencari sumber-sumber jurnal ilmiah dan menyusunnya dalam referensi.

Hasil dari kegiatan ini sangat direspon oleh peserta. Mereka sangat antusias sekali dalam pelatihan ini karena baru kali pertama kegiatan pelatihan Mendeley diselenggarakan di kampus IAIN Palangka Raya. Harapan setelah kegiatan ini dilaksanakan bahwa para dosen Prodi PBI dan PBA Jurusan Pendidikan Bahasa FTIK Palangka Raya dapat mengaplikasikan Mendeley untuk keperluan penulisan karya ilmiah dalam rangka meningkatkan kualitas akademik masing-masing dosen. Pada akhirnya karya ilmiah yang dihasilkan oleh para dosen bisa bermanfaat untuk pengembangan keilmuan dan tentunya berkontribusi besar untuk meningkatkan akreditasi IAIN Palangka Raya.

 
Para peserta antusias menyimak pemaparan materi



Pemateri sedang memonitor peserta dalam praktik langsung 
menggunakan software Mendeley

2 comments: