Pencerahan langsung oleh Pakar Kurikulum - Prodi Tadris Bahasa Inggris

Prodi Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Welcome to English Education Study Program

Pencerahan langsung oleh Pakar Kurikulum

Share This

 



Suatu kehormatan dan kesempatan berharga bagi dosen-dosen Program Studi Tadris Bahasa Inggris, FTIK IAIN Palangkara Raya karena karena bertemu langsung secara virtual dengan pakar kurikulum, Prof. Handoyo Puji Widodo, dari di sela sela kesibukan yang luar biasa, masih bisa menyempatkan waktunya untuk menjadi  narasumber dalam “Workshop Virtual Kurikulum Pendidikan Bahasa” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020, baru baru ini.  Workshop ini  diikuti oleh  sejumlah dosen-dosen Program Studi  Tadris Pendidikan Bahasa Inggris, FTIK IAIN Palangka Raya, Dengan harapan para dosen memiliki wawasan terhadap Kurikulum berbasis KKNI, yang secara operasionalnya  mereka dapat  mendesain program instruksional beserta sejumlah dokumen terkait  agar menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional dan bisa bersaing secara nasional dan global. Turut serta dalam kegiatan tersebut, Ketua Program  Studi Tadris Bahasa Inggris, Zaitun Qamariah, M.Pd. Ketika diwawancarai secara virtual, mengatakan bahwa workshop ini sangat penting, bermanfaat & relevan dg kebutuhan/tuntutan profesi akademik dosen di era sekarang ini, sehingga dosen terinspirasi dan termotivasi untuk terus meningkatkan profesionalismenya. 


Terkait dengan workshop, salah seorang peserta workshop yang juga dosen Tadris Bahasa Inggris, Luqman Baehaqi, M.Pd mengatakan bahwa materi yang disampaikan oleh narasumber memberi wawasan baru (new insights) tentang kurikulum berbasis KKNI, yang selama ini hanya memahami kurikulum lewat namanya saja, padahal kurikulum kalau didalami lagi, banyak aspek yang terkait yang harus diketahui, misalnya, pemahaman tentang visi, misi, tujuan dari prodi, penamaan dan penentuan mata kuliah, bobot SKS, desain instruksional, penyusunan desain instruksional dan sebagainya. (rn)

 


No comments:

Post a Comment

Peta Digital

Pages