Wednesday, September 2, 2020

Kaprodi TBI Bangga dan Bersyukur atas Pengukuhan Guru Besar

Pengukuhan Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag, sebagai Guru Besar Pendidikan Ilmu Agama Islam di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya pada Sidang Senat Terbuka IAIN Palangka Raya pada hari Rabu, tanggal 2 September 2020 bertempat di Aula IAIN Palangka Raya merupakan peristiwa monumental dan bersejarah bagi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, secara khusus bagi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).

Sidang Senat Terbuka yang dibuka secara resmi oleh Ketua Senat IAIN Palangka Raya, Dr. Mazrur, M.Pd.,terbuka untuk umum dan disiarkan secara langsung melalui youtube channel. Untuk pengukuhan itu sendiri dilakukan oleh Rektor IAIN Palangka Raya, Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag.

Dalam pidatonya, Rektor IAIN Palangka Raya, Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag, mengatakan bahwa kehadiran guru besar ini akan memberikan inspirasi dan motivasi bagi calon calon guru besar dan dosen-dosen lainnya di lingkungan IAIN Palangka Raya untuk memacu diri meningkatkan kemampuan atau kompetensi akademisnya. Selanjutnya, beliau memberikan ucapan selamat kepada Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag sebagai ilmuwan muslimah yang  menjadi teladan dan memberikan kontribusi kepada masyarakat, agama dan negara.

Dalam pengukuhan guru besarnya, Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag mengangkat topik yang lagi tren sekarang ini: “Dinamika Psikologis Milenial di Abad Digital: Ikhtiar Membangun Generasi dengan Pendekatan Psikologi Islam.” Menurutnya, di era digital ilmu pengetahuan dan teknologi berkembangan sangat cepat hampir-hampir meninggalkan dimensi spiritualitas. Pada saat yang sama,  manusia mengalami kegundahan sosial disebabkan oleh perkembangan teknologi tersebut. Bagi remaja atau generasi muda, perkembangan teknologi menimbulkan perlambatan kematangan emosi dibandingan kecerdasan intelektual. Sementara pendidikan belum mampu memberikan solusinya. Dia menekankan sebagai jawaban dari permasalahan ini adalah kehadiran Psikologi Islam menjadi alternatif terbaik untuk pendampingan remaja atau generasi muda dalam rangka membentuk mentalitas remaja berbasiskan tauhid, mental yang kokoh dan kuat mesti diterpa berbagi gelombang kehidupan, dan kesadaran bahwa segala sesuatu harus kembali dan bersandarkan kepada Allah Yang Maha Esa.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hamka, S.Pd, M.Pd, mengucakan selamat atas pengukuhan Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag, Sebagai Guru Besar Pendidikan Ilmu Agama Islam di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, semoga beliau menjadi seorang ilmuwan yang produktif di lingkungan civitas akademika IAIN Palangka Raya dan berkontribusi pada program pembangunan KALTENG BERKAH.

Turut mengikuti acara secara virtual kegiatan tersebut melalui Youtube channel, Kaprodi Tadris Bahasa Inggris, Zaitun Qamariah, M.Pd. Ketika diwawancarai secara virtual, menyatakan rasa syukur dan bangganya karena IAIN Palangka Raya memiliki seorang profesor yang diharapkan mampu menjadi akademisi yang membawa perubahan yang lebih baik ke arah keilmuan dan meningkatknya akreditasi lembaga. Mudah mudahan momentum ini menjadi titik awal untuk seluruh akademisi meraih pencapaian serupa beliau. (rn)

0 comments:

Post a Comment