Monday, August 10, 2020

NEW NORMAL; Tadris Bahasa Inggris IAIN Palangka Raya adakan Pelatihan Aplikasi Anti Plagiasi bagi Guru SMA Kota Palangka Raya

Kamis, 23/07/2020. Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Palangka Raya mengadakan pelatihan aplikasi anti plagiasi bagi Guru SMA Kota Palangka Raya dengan tema "Training of Mendeley and Anti-Plagiarism to Improve The Quality of Scientific Research". Pelatihan tersebut berkaitan dengan pemanfaatan aplikasi anti plagiasi untuk karya tulis ilmiah atau artikel yang akan dipubikasi oleh para guru sebagai bagian dari sumbangsih akademik.




Kegiatan pelatihan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan In House Training (IHT) yakni persiapan menyambut Tahun Ajaran Baru (TAB) bagi para guru SMA di Kota Palangka Raya. 


IHT tersebut dibuka pada hari kamis (23/7/2020) oleh Kepala SMAN-3 Palangka Raya, Bapak Sudiro, S.Pd.,M.M., lalu kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi pelatihan oleh tiga narasumber yang juga merupakan dosen Prodi Tadris Bahasa Inggris IAIN Palangka Raya yaitu 1) Dr. Abdus Syahid, M.Pd., 2) Zaitun Qamariah, M.Pd., dan 3) Hesty widiastuti, M.Pd. 



Ketua Prodi TBI, Zaitun Qamariah, M.Pd dalam laporannya mengatakan, secara factual kecenderungan plagiat di kalangan akademisi masih tinggi sementara disatu sisi produk karya tulis ilmiah semakin banyak.

“Sadar akan hal itu, maka dosen Prodi TBI merasa perlu dan wajib untuk melakukan pelatihan mengenai anti plagiarism tersebut,” ujarnya.

Pelatihan ini diselenggarakan dengan harapan, agar dapat terhindar dari plagiarism dalam menyusun karya ilmiah di kalangan dosen dan dapat membentuk budaya etika akademik terutama dalam menghasilkan karya ilmiah.

“Bukan hanya itu saja, harapan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri para guru dari ancaman sanksi atau plagiat serta secara kelembagaan dapat menyusun pedoman “Kemiripan” tulisan yang dikategorikan plagiat” tambahnya.


Sementara itu, Kepala SMAN-3 Palangka Raya mengatakan,  dirinya mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Prodi Tadris Bahasa Inggris IAIN Palangka Raya yang  menyelenggarakan kegiatan pelatihan anti plagiarism dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

Dirinya juga berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan ini, akan meningkatkan kualitas akademik para guru dengan lahirnya karya – karya ilmiah yang sesuai dengan budaya etika akademik yang terhindar dari plagiarism.” 

(Zaitun Qamariah)






0 comments:

Post a Comment