Wednesday, July 24, 2019

My Hobby, My Dream Mahasiswa TBI pawai bernyanyi


Halo semuanya. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca cerita yang singkat ini. Sebelumnya perkenalkan dulu. Namaku Norman Hadi, biasa dipanggil Norman. Asal jangan panggil kamaru aja yaa hehehe. Saat ini aku berada di semester 6 Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya. Kali ini aku bakalan cerita sedikit mengenai keseharianku diluar bangku kuliah.

Mungkin didalam kampus, aku termasuk mahasiswa yang kurang aktif di berbagai organisasi, lebih tepatnya tidak ada organisasi apapun yang aku ikutin di kampus, hehe. Kok bisa sih? Jadi, Alasanku tak ikut organisasi kampus karena aku punya aktivitas lain diluar kampus, yang mana aktivitas ini biasanya perlu waktu juga sih. Disisi lain aku juga kurang suka berorganisasi, karena memang bukan minatku. Hehe. Lalu apa aktivitasku? Musik. Ya, musik is my day!
Biasanya sehabis pulang kuliah, aku latihan. Entah itu sama band atau latihan sendiri. Karena aku Gitaris, dan sesekali nyambi jadi Vokalist, jadi Banyak pola latihan rutin yang harus aku lakukan, mulai dari senam jari, improvisasi, latihan pernafasan, latihan power, memperbanyak refrensi musik, dan lain-lain. Aku gak punya guru, jadi biasanya sih buka youtube, liatin tutorial-tutorial dari youtube musisi-musisi lain dari belahan dunia, atau bisa juga sih buka buku-buku musik gitu. Intinya terus latihan. Karena aku sadar kalau aku masih perlu banyak belajar buat ningkatin skill¬-ku bermain musik. Seperti kata pepatah, diatas langit masih ada langit. Camkan tuh!
Saat ini, aku bisa dibilang sebagai seorang talent diberbagai cafe-cafe yang ada di Palangka Raya. Selain di cafe, aku biasanya juga main di acara wedding-an ataupun di acara-acara lain yang membutuhkan live musik. Biasanya setiap kali perform, durasinya bergantung dengan acara dan tempatnya. Untuk cafe, biasanya kita perform sekitar 2-3 jam. Sama halnya acara wedding. berbeda dengan acara event-event yang biasanya bergantung dengan schedule acara. Biasanya ini disebut nge-job. Kalau disebut kerja sih bisa juga. Tapi lebih cocok di sebut job. Untuk penghasilan dari nge-job, lumayan loh. pokoknya puas deh. nominalnya dirahasiakan yaa hehe. Tapi uangnya ditabung dan di invest ya. Sedekahkan juga malah bagus lagi. intinya Jangan dihabisin. Buat masa depan yang cerah. Widiww.
Dan berawal dari hobi inilah akhirnya aku mulai bisa menghasilkan uang sendiri. Yaa, uang sendiri! maklum usia udah 20 tahun, aku berusaha agar tak membebani orang tuaku dalam masalah biaya keseharianku. Selain itu ini juga hal yang menyenangkan jika kita bisa menghasilkan uang dari hobi. kalau diingat-ingat lagi, dulu capek banget perjuangannya agar bisa menghasilkan uang dari musik. Mulai dari bayar panggung demi bisa tampil, dari cuman dikasih nasi goreng, sampai dibayar cuman “seratus ribu” untuk dibagi rata berlima. Dulu main gitar pun masih abal-abal dan sumbang(Mungkin sampai sekarang masih, hehe). Intinya semuanya perlu kerja keras. Jangan malas dan jangan menutup diri dari orang-orang. Belajarlah berinteraksi dan bersosialisasi, karena inilah yang aku lakukan dulu. Hehe
Selain ngejob, biasanya untuk menyalurkan hobi musikku di rumah, aku bikin video. Mulai dari cover lagu, tutorial, bahas musik, dan lain-lain. Semuanya aku upload di Youtube Channelku. Ya hitung-hitung juga bisa menghasilkan uang loh kalau kita pandai dan jeli dalam dunia maya, khususnya di Youtube. Sebut saja Atta Halilintar, Deddy Cobuzier, ataupun Dunia Manji, hanya dari Youtube, mereka bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta loh dalam satu bulan! Bayangkan saja jika kita gak kerja tapi uang ngalir terus di Youtube, bisa punya banyak waktu luang nih sama keluarga, atau sama kamu. Iya kamu. Hehe
Disisi lain, aku juga punya band yang memang dikhususkan untuk berkarya, ILOGIC. Anggotanya berlima. Mulai dari Rio di Vokal, Rifky di Drum, Reza di Keyboard, Dimas di Bass, dan aku di Gitar. Kami berlima sepakat membentuk band dengan nama ILOGIC  dengan genre Pop-Rock. Sebenarnya untuk genre pun, kami fleksibel. Cenderungnya ke arah Pop Rock gitu deh intinya. Biar semuanya bisa nikmatin juga. Intinya kami berlima sama-sama pengen berkarya dengan band ini. Dan juga kami ingin wujudin impian kami di musik. Saat ini kita udah punya satu single loh. judulnya Awal Tujuan. Single ini juga udah punya Video Klipnya loh. Video Klipnya bisa di cek di Youtube dengan judul ILOGIC – AWAL TUJUAN OFFICIAL MUSIC VIDEO. Buruan di cek ya kalau kalian belum nonton!
Kalau sekarang sibuknya sama semua itu, terus gimana dong sama kuliah? Alhamdulillah. Kuliah lancar terus sampai sekarang. Gak ada hambatan, Gak ada yang recourse, IP masih selalu diatas tiga, dan juga nilai aman-aman aja sih ya hehe. Intinya jangan sampai keteteran deh sama kesibukan kita diluar, sehingga mengabaikan yang namanya kuliah. Karna kuliah itu penting loh. Coba bayangin betapa banyak orang yang tidak bisa kuliah karena keterpurukan ekonomi ataupun masalah keluarga, dsb. Kita harusnya bersyukur dan memanfaatkan kesempatan kita karena kita bisa dan mampu kuliah. Ngomong-ngomong, Bulan ini juga, tepatnya tanggal 16 Juni, aku dan rombongan yang lain akan berangkat KKN Nasional di Jember. Do’akan ya semoga KKNnya lancar dan Sukses!
Satu kata penutup. Bagiku, kalau kita pengen sukses, intinya harus pandai-pandai bagi waktu. Belajarlah menjadi seorang Manajer, Manajer untuk diri sendiri. Jangan pernah mengeluh. Jangan pernah mencari alasan karena ketidakmampuan. Kalau gak bisa ya belajar. Kalau gak mau belajar ya berarti memang tidak ada kemauan untuk bisa. kita cuman hidup sekali, jadi lakukanlah yang terbaik, dan berkaryalah!

0 comments:

Post a Comment