Monday, May 1, 2017

Jurusan Pendidikan Bahasa FTIK IAIN Palangka Raya Selenggarakan Kuliah Tamu dan Penandatanganan MoU dengan Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI)

Penandatanganan MoU antara IAIN Palangka Raya dan HPI

Berbagai upaya meningkatkan kualitas mahasiswa dan alumni senantiasa dilaksanakan secara kontinu oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN Palangka Raya). Kegiatan Kuliah Tamu adalah salah satu diantaranya. Sabtu, 29 April 2017 Program Studi Tadris (Pendidikan) Bahasa Inggris Jurusan Pendidikan Bahasa FTIK IAIN P.Raya kembali menyelenggarakan Kuliah Tamu Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 dengan mendatangkan Ketua Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI), Bapak Hananto P. Sudharto, S. H. dan Sekretaris HPI, ibu Anna Wiksmadhara, praktisi penerjemah yang telah bergelut dalam bidang penerjemahan selama bertahun-tahun.

Kegiatan kuliah tamu dalam bidang penerjemahan ini ditujukan untuk mendukung keterampilan tambahan mahasiswa dan alumni program studi Tadris (Pendidikan) Bahasa Inggris (TBI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Sehingga para alumni nantinya tidak hanya memiliki keterampilan menjadi guru bahasa Inggris dan bahasa Arab pada pendidikan dasar menengah, tutor pada bimbel atau lembaga kursus, namun juga menjadi penerjemah. Selain menjadi guru, dosen, tutor dan penerjemah, alumni Jurusan Pendidikan Bahasa FTIK IAIN Palangka Raya juga dibekali kemampuan menjadi pemandu wisata dan pendiri lembaga kursus. Saat ini setidaknya ada 4 lembaga pelatihan dan kursus yang telah didirikan oleh alumni jurusan pend. Bahasa diantaranya Yayasan Itah Batuah di Seruyan, Cerdas Sampit di Sampit, Brilliant Learning Guide di Kuala Kapuas, TL Bimbel di Palangka Raya dan LKP Happy Comp di Pangkalan Bun.

Kegiatan kuliah tamu ini merupakan perwujudan perjanjian kerjasama (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor IAIN P. Raya dengan Ketua HPI pada hari yang sama. Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa FTIK IAIN P. Raya menyampaikan bahwa kegiatan Kuliah Tamu ini merupakan agenda wajib pada semua prodi di IAIN Palangka Raya di setiap semester dimana para pakar yang ahli dibidangnya dihadirkan untuk membekali mahasiswa dan alumni sehingga dapat menjadi JOB PRODUCER dan tidak hanya menjadi JOB SEEKER.. "IAIN Palangka Raya memiliki visi yang jelas, strategi pencapaian visi yang terencana, terprogram, terlaksana dengan rentang waktu yang jelas dan terevaluasi dengan baik, fasilitas yang memadai, dan sumber daya manusia berkualitas. Oleh karena itu tidak perlu ragu lagi untuk kuliah di IAIN Palangka Raya." pungkasnya mengakhiri obrolan.

Foto bersama antara dosen tamu dan peserta

Foto bersama antara dosen tamu dan panitia

0 comments:

Post a Comment