Thursday, March 24, 2016

Journal JEFL telah terindex oleh Google Scholar Langkah Awal menuju Research University

PBI IAIN PALANGKA RAYA - Alhamdulillah Journal JEFL (Journal on English as Foreign Language) Prodi Tadris (Pendidikan) Bahasa Inggris IAIN Palangka Raya sedikit demi sedikit sudah terindex, salah satunya terindex oleh Google scholar
Hal ini adalah langkah awal supaya artikel karya dosen dan mahasiswa Program Studi Tadris (Pendidikan) Pendidikan Bahasa Inggris akan tembus ke level Internasional. Banyak sekali pekerjaan yang harus ditempuh mengingat misi dari kampus Islam terbesar di Palangka Raya ini sebagai Research University.  Dalam upaya mewujudkan Research University perlu adanya Journal-Journal yang terakreditasi oleh ARJUNA (Akreditasi Journal Nasional).


Syarat utama menjadi Journal terakreditasi diantaranya JEFL (Journal on English as a Foreign Language) harus terindex oleh:

  1. Google scholar
  2. Directory of Open Access Journals (DOAJ)
  3. Mendeley
  4. Moraref
  5. LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)
  6. dan lain-lain

Demi kemajuan pengembangan jurnal di IAIN Palangka Raya, khususnya JEFL (Journal on English as a Foreign Language), maka tidak lepas dari kontribusi dosen dan mahasiswa Prodi Tadris (Pendidikan) Bahasa Inggris yang seharusnya dituntut untuk selalu meng-sitasi atau merujuk referensi yang telah dipublikasikan oleh JEFL (Journal on English as a Foreign Language) IAIN Palangka Raya dalam karya ilmiahnya baik itu artikel maupun skripsi mahasiswa.

Diantaranya peran penting mahasiswa dan dosen Program Studi Tadris Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Palangka Raya:
  1. Selalu membuka journal JEFL http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jefl sebelum membuka website lainnya dengan IP lain (Bukan Wifi Kampus) seperti Wifi Hp, Wifi Rumah, Warnet dan lain-lai. Jika anda menggunakan wifi kampus maka Flag counter tidak akan berubah karena dihitung satu user meskipun banyak sekali yang membuka website Journal.
  2. Menggunakan journal-journal yang ada di JEFL IAIN Palangka Raya sebagai referensi sekaligus provious studies (Kajian pustaka)
  3. Menjadikan journal-journal JEFL IAIN Palangka Raya sebagai model dalam akademic writing di Mata kuliah Program Studi Tadris Pendidikan Bahasa Inggris 
  4. Dosen dan Mahasiswa Program Studi Tadris Pendidikan Bahasa Inggris ikut aktif dalam memajukan pengembangan Journal baik berupa Author, Reviewer, Editor dan lain-lain. (Admin)


0 comments:

Post a Comment